Piaggio 1884

Piaggio (Berdiri: 24 January 1884) adalah merk sepeda motor Itali yang bermarkas di Pontedera, Italy. Perusahaan Piaggio & C. SpA meliputi tujuh merek skuter dan sepeda motor, yaitu Aprilia, Derbi, Gilera, Ligier, Moto Guzzi, Piaggio, dan Vespa. Sebagai produsen terbesar keempat skuter dan sepeda motor di dunia, Piaggio memproduksi lebih dari 600.000 kendaraan per tahun, dengan lima pusat penelitian dan pengembangan, lebih dari 6.700 karyawan dan beroperasi di lebih dari 50 negara.

Didirikan oleh Rinaldo Piaggio pada tahun 1884 di Genoa Itali, Piaggio awalnya memproduksi lokomotif dan gerbong kereta api.



Selama Perang Dunia I, perusahaan memfokuskan pada produksi pesawat. Selama Perang Dunia II, perusahaan memproduksi pesawat pembom yang mengakibatkan Pontedera dihancurkan oleh bom Sekutu. Ekonomi Italia lumpuh dan keadaan jalan yang hancur saat itu tidak mendukung pembangunan kembali pasar mobil. Enrico Piaggio, putra pendiri Rinaldo Piaggio, memutuskan untuk meninggalkan bidang penerbangan dalam rangka mengatasi kebutuhan mendesak Italia akan sarana transportasi yang modern namun cukup terjangkau oleh rakyat.

Insinyur aeronautika Corradino D’Ascanio yang bertanggung jawab akan desain dan konstruksi dari helikopter modern pertama Agusta, diminta oleh Enrico Piaggio untuk menciptakan sebuah kendaraan sederhana, kuat dan terjangkau. Kendaraan itu harus mudah dikendarai untuk pria dan wanita, mampu membawa penumpang, dan tidak membuat pakaian pengendaranya kotor. Seperti diketahui, motor lain pada umumnya bisa membuat pengendara dengan mudah terciprat lumpur atau air dari depan maupun belakang. Setelah mengalami proses internal, akhirnya pada tahun 1946 Piaggio meluncurkan skuter Vespa legendaris (bahasa Italia untuk “tawon”).



Dalam jangka waktu satu dasawarsa, vespa pertama ini berhasil diproduksi lebih dari satu juta unit yang membuktikan bahwa bentuk ‘tawon’ tersebut sangat bisa diterima oleh masyarakat saat itu.

Selain kesuksesan Italia dalam menjadi perintis bentuk motor ala ‘tawon’ itu, bahasa Italia juga mendapatkan kosa kata baru, yaitu “vespare” yang berarti pergi ke suatu tempat menggunakan Vespa.



Pada tahun 1957, dengan cash flow yang kuat yang berasal dari keberhasilan Vespa tersebut, Piaggio berhasil mengembangkan produk lain termasuk Vespa 400 yang merupakan sebuah mobil penumpang kecil.




Pada tahun 1959, Piaggio berada di bawah kendali keluarga Agnelli, pemilik pembuat mobil Fiat SpA.

Pada tahun 1964, karena Fiat mempunyai kepemilikan yang luas dalam dunia dunia industri Italia, dua divisi usahanya (yaitu penerbangan dan sepeda motor) dibagi menjadi dua perusahaan independen. Nama divisi penerbangannya adalah IAM Rinaldo Piaggio. Saat ini, perusahaan Piaggio Aero dikendalikan oleh keluarga Piero Ferrari, yang juga masih memegang 10% saham dari pembuat mobil terkenal Ferrari.

Pada 1967, Piaggio mengeluarkan Moped Ciao 50 cc yang diproduksi hingga tahun 2006.



Pada tahun 1969, perusahaan membeli Gilera.

Merk dalam Grup PIAGGIO

  • Aprilia – motorcycles, scooter dan mopeds
  • Derbi – sepeda motor, skuter, moped, dan ATVs rekreasional (quads)
  • Gilera – sepeda motor, skuter, moped, dan ATVs rekreasional (quads)
  • Ligier – mikro automobiles 4 roda
  • Moto Guzzi – sepeda motor
  • Piaggio – skuter, moped, mobil kecil (microcars), dan kendaraan komersial yang berukuran kecil
  • Vespa – skuter dan moped
  • Laverda – motor super sport (dormant)

Model Piaggio

  • Vespa 400
  • Vespa ET2 (50 cc) & ET4 (125 cc & 150 cc) 1996-2005
  • Vespa LX50 (50 cc) LX125 (125 cc) LX150 (150 cc) 2006 – Pengganti ET series
  • Vespa GT125/GT200/GTS250ie/GTS300ie Super (juga dikenal sebagai Grand Turismo dan Grand Turismo Sport)
  • Vespa LXV125/LXV150/GTV/GT60 (edisi spesial dan edisi terbatas untuk kolektor yaitu model LX125/LX150 an GTS250)
  • Vespa PX125/150/200
  • Vespa Cosa
  • Vespa PK 50/80/100/125
  • Vespa ET3
  • Vespa Primavera
  • Vespa V90 & V50
  • Vespa GS150/160
  • Vespa SS180
  • Vespa Rally 180/200
  • Vespa Sprint
  • Vespa Super 125/150
  • Piaggio Ape 3 roda submicro pickups.
  • Piaggio Porter 4 roda microvans dan mikro-pickups, sama seperti Daihatsu Hijet.
  • Piaggio P180 Avanti pesawat bisnis
  • Piaggio MP3 skuter 3 roda yang bisa miring
  • FLY50/100/125/150
  • Free50/90/126
  • Typhoon 50 cc, 80cc, 125 cc (1995–2000)
  • Sfera NSL (50 cc & 80 cc) 1991-1995
  • Sfera RST (RST standing for Restyle) (50 cc 2-Stroke & 125 cc 4-Stroke) 1995 - ??
  • NRG mc1-3 (50 cc) (mc standing for mark.)
  • NRG Power PureJet (50 cc fuel injection, berpendingin air)
  • NRG Power DT (air-cooled) and DD (liquid-cooled), keduanya diperkenalkan pada 2005
  • Zip (50 cc 2-stroke cat, 4-stroke & 125 cc 4-stroke)
  • Zip SP (50 cc 2-tak, berpendingin oli)
  • Liberty (50 cc 2-stroke, 125 cc & 150 cc Quattrotempi)
  • Liberty S (50 cc 125 cc 200 cc)
  • Skipper ST (125 cc)
  • Piaggio Ciao (50 cc) 1967 – 2006
  • Si (50 cc)
  • Superbravo (50 cc)
  • Avanti (50 cc)
  • Grillo (50 cc)
  • Bravo (50 cc)
  • Boxer (50 cc)
  • Boxer 2 (50 cc)
  • X7 125 (pasar Eropa), 250
  • X7 Evo (125, 300 cc) – diumumkan tahun 2009
  • X8 125 (pasar Eropa), 250, 400
  • XEvo 125, 250, 400
  • X9 125/250 cc Evolution – didahului oleh model X9 tahun 2004, yang dipasangi mesin Honda
  • X9 500 cc Evolution dengan fitur yang tidak ada pada model 125/250 cc : standar tengah hidrolik, sistem komunikasi antara pengemudi dengan penumpang yang terintegrasi, dan charger hp di dasboard depan
  • BV200/250
  • BV500 – model neo-classic, transmisi otomatis, kecepatan maksimal 100 mph
  • Beverly (125 cc; 250 cc; 400 cc; 500 cc: Beverly adalah nama Italia untuk model BV)
  • Carnaby (125 cc & 200 cc)
  • Free 50 (50 cc)
  • Hexagon (125 cc; 150 cc; 180 cc; 250 cc)
  • T (125 cc; 150 cc)
  • Zip 2000 (50 cc 4-tak)
  • Zip sp ’98 (50 cc 2-tak, berpendingin oli)
  • Zip sp h2o (50 cc 2-tak, berpendingin oli)
  • Quartz (50 cc 2-tak, berpendingin oli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar